Pengertian ovipar, vivipar dan ovovivipar dalam ilmu biologi

Posting Komentar
Dalam artikel ini akan kita pelajari pengertian ovipar, vivipar, dan ovovivipar untuk menambah pemahaman mengenai materi perkembangbiakan makhluk hidup. Mengapa kita harus memahami tentang perkembangbiakan makhluk hidup? 

Teman-teman pasti tahu terdapat banyak sekali spesies makhluk hidup di muka bumi, bahkan sebelum kita berbicara spesies makhluk hidup dibedakan berdasarkan Kingdom dan genus. 

Teman-teman mungkin sudah terbiasa melihat hewan-hewan seperti bebek, kucing, ikan dan lain-lain. Beberapa hewan-hewan tersebut memiliki cara berkembang biak yang berbeda ada yang melahirkan ada yang bertelur bahkan ada yang berkembang biak dengan cara membelah diri.

ovipar, vivipar dan ovovivipar
telur dan anak ayam
Pengertian ovipar vivipar dan ovovivipar dalam ilmu biologi

A. Ovivar

Ovipar yaitu cara berkembangbiak pada makhluk hidup dengan cara bertelur. Tarian tahu kan bentuk telur? 

Bisa kita lihat bahwa telur terdiri dari sebuah bercangkang yang terbuat dari kalsium berbentuk bulat yang berfungsi untuk melindungi calon anak atau bahkan anak yang akan terbentuk dalamnya. Calon anak atau bakal anak ini disebut sebagai embrio.

Embrio pada hewan-hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur berkembang di dalam telurnya atau dengan kata lain perkembangan janin atau embri berada diluar rahim induknya.

Pada umumnya telur harus berada dalam kondisi hangat baik secara alami maupun secara buatan agar embrio di dalam telur tersebut dapat berkembang dengan baik. 

Anda bisa melihat hewan seperti ayam yang mengerami telurnya agar tetap hangat, cara tersebut dikatakan sebagai pemberian panas terhadap telur secara alami. 

Sedangkan pemberian panas pada telur secara tidak alami contohnya pada usaha penetasan telur ayam dengan menggunakan bohlam lampu.

Contoh hewan yang berkembang biak dengan ovipar

Contoh hewan Ovipar ada kelompok-kelompok ikan (Pisces) dan burung (unggas).

1. Ikan/pisces
Ikan merupakan salah satu jenis hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar. Umumnya ikan betina bertelur dan mengeluarkan telurnya di dasar kolam, Danau atau di Laut untuk kemudian dibuahi oleh sperma jantan. 

Beberapa jenis ikan seperti ikan mujair akan memasukkan telurnya ke dalam rongga mulutnya setelah proses pembuahan sperma selesai. 

Cara tersebut dilakukan  untuk menjaga telur telurnya agar tidak dimangsa oleh Predator Predator lain dan akan dilepas jika sudah menetas. Jika pembuahan berhasil maka pertumbuhan embrio telur ikan akan terjadi dan pertumbuhan ini terjadi diluar rahim induknya atau diluar tubuh induknya.
Pengertian ovipar, vivipar dan ovovivipar
Ikan mujair bereproduksi
Meskipun demikian tidak semua jenis ikan merupakan hewan yang bertelur, terdapat beberapa jenis beberapa jenis ikan yang tidak bertelur seperti lumba-lumba dan paus. Lumba-lumba dan paus tidak bertelur seperti ikan pada umumnya, karena lumba-lumba dan paus merupakan hewan mamalia laut yang melahirkan anaknya.

2. Amfibi dan Reftil
Sama halnya dengan ikan amfibi juga merupakan salah satu jenis hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar yaitu dengan cara bertelur. Beberapa jenis hewan amfibi seperti penyu dan kura-kura bertelur dan mengukur telurnya di dalam pasir untuk menghindari pemangsa telur sekaligus untuk menjaga agar telur-telurnya tetap hangat. Jenis reptil seperti buaya, kadal, ular dll.
Pengertian ovipar, vivipar dan ovovivipar
telur buaya
3. Unggas/aves
Unggas merupakan bangsa burung yang juga berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Proses pembuahan sel telur pada unggas umumnya terjadi melalui cara kawin dan terjadi pembuahan di dalam rahim induk. 

Setelah pembuahan terjadi maka akan terbentuk telur di dalam rahim yang pada akhirnya akan dikeluarkan berupa telur dengan cangkang. 

Agar dapat menetas menjadi makhluk hidup baru tersebut harus dialami selama kurang lebih 21 hari. Proses pengeraman dimaksudkan untuk memberikan panas atau hangat kepada telur agar perkembangan embrio di dalam telur tetap terjaga dan tidak kedinginan yang dapat berdampak pada kematian.
ovipar, vivipar dan ovovivipar
telur dan anak ayam

B. Vivipar

 adalah cara berkembang biak makhluk hidup dengan melahirkan anaknya bukan bertelur seperti makhluk hidup yang berkembang biak dengan cara ovipar. Makhluk hidup yang berkembang biak dengan cara vivipar akan mengandung calon anaknya selama waktu tertentu sampai anak-anak tersebut siap untuk dilahirkan.

Contoh makhluk hidup yang berkembang biak dengan cara vivipar adalah makhluk hidup jenis mamalia seperti sapi kambing kelinci kucing dan lain-lain. Sedangkan jenis ikan yang melahirkan atau berkembang biak dengan cara vivipar adalah paus dan lumba-lumba.

C. Ovovivar

Ovovivar adalah cara berkembang biak suatu makhluk hidup dengan cara bertelur dan beranak. Makhluk hidup jenis ini seringkali dianggap melahirkan namun sebenarnya makhluk hidup ini juga bertelur. Pada umumnya makhluk hidup yang berkembang biak dengan cara ovovivar bertelur dan menyimpan telurnya di dalam perutnya dan akan melahirkan pada waktu tertentu di mana telur tersebut siap untuk menetas.

Contoh hewan ovovivar adalah beberapa jenis Kadal dan ular boa

Contoh soal
1. Platipus adalah salah satu jenis hewan yang menyerupai bebek yang umumnya hidup di dataran rendah dan berair. Bagaimana cara berkembang biak Platypus?

a. Vivipar
b. Ovipar
c. Ovovivipar
d. tidak ada jawaban benar

2. Ikan mujair akan memasukkan telurnya kedalam mulutnya untuk menjaga agar telurnya tidak dimangsa oleh predator. Termasuk kedalam jenis Apakah perkembangbiakan ikan mujair?

a. Vivipar
b. Ovipar
c. Ovovivipar
d. tidak ada jawaban benar

3. Paus adalah salah satu jenis ikan paling besar di lautan yang digolongkan ke dalam kelompok mamalia. Umumnya ikan paus hanya memiliki 1 anak sekali melahirkan. Bagaimana cara ikan paus berkembang biak?

a. Vivipar
b. Ovipar
c. Ovovivipar
d. tidak ada jawaban benar

Demikian pengertian ovipar vivipar dan ovovivipar dalam ilmu Biologi yang menjelaskan tentang cara berkembang biak makhluk hidup. Jika ada yang masih ditanyakan silakan Tuliskan komentar anda di bawah.

Artikel ini dipindahkan dari kelas360 milik saya.
Haerul Anaan
Bekerja profesional dan selalu belajar hal baru.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter